6 Ide Usaha Sampingan Ini bisa dicoba jika Gaji Bulanan Tak Cukup

Menjadi seorang pegawai atau karyawan kantor memang menggantungkan kehidupan mereka dari gaji yang diterima sebagai penghasilan utama. Namun, terkadang dari penghasilan gaji yang diterima tidak berbanding lurus dengan kebutuhannya dalam mencukupi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Untuk menyiasati hal tersebut tidak sedikit pekerja yang memulai untuk melakukan usaha sampingan agar bisa menutupi kebutuhannya.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha sampingan untuk pegawai atau karyawan yang mungkin juga bisa Anda lakukan untuk sedikit menambah pemasukan setiap bulannya. Sehingga, tidak menggantungkan pada penghasilan gaji dari kantor. Namun, sebelum memilih dan menjalankan usaha sampingan, Anda perlu memikirkan kesiapan diri sendiri dan tidak mengganggu perkerjaan utama Anda. Yuk, simak!

IDE USAHA SAMPINGAN KARYAWAN

1. Transportasi Online

transportasi online

KMTM UGM.com

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi baik berupa motor ataupun mobil bisa dimanfaatkan menjadi pengemudi transportasi online untuk mencari tambahan penghasilan. Anda bisa melakukan pekerjaan ini selepas pulang dari kantor. Bila ingin mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi, Anda bisa melakukan perkerjaan transportasi online ini di saat akhir pekan.

Untuk menjadi pengemudi transportasi online Anda harus bersikap ramah terhadap penumpang dan Anda harus memahami cara menggunakan aplikasi navigasi. Selain itu, berusaha mengenali jalan juga diperlukan karena bertujuan untuk menghindari kemungkinan nyasar dan terjebak kemacetan yang membuat perjalanan makin lama. Supaya kendaraan berada dalam kondisi baik, Anda harus rutin untuk melakukan perawatan berkala agar tidak mogok ketika sedang membawa penumpang.

2. Penulis Lepas

penulis lepas

C2live.com

Jika hobi Anda menulis, bisa sekali menyalurkan hobi ini sebagai usaha sampingan. Anda bisa menjadi seorang penulis lepas untuk mengisi artikel blog, situs, dan berbagai media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi penulis lepas dengan bergabung di salah satu situs marketplace atau mencari informasi lowongan di situs atau media tertentu.

Namun, usaha sampingan ini juga tidak mudah dilalukan melihat dengan disibukkannya Anda dengan segala pekerjaan kantor. Anda harus bisa berkomitmen dengan pekerjaan sampingan sebagai penulis. Anda harus bisa menepati tuntutan deadline yang ditetapkan oleh editor. Jadi, jika Anda sudah berniat menjalankan usaha sampingan sebagai penulis lepas maka Anda harus rela mengorbankan waktu luang setelah dari kantor atau di akhir pekan untuk menulis.

3. Online Shop

online shop

Bloocci.com

Anda bisa membuka toko online sendiri yang menjual berbagai produk yang sedang diminati oleh masyarakat, seperti makanan, pakaian, atau aksesoris. Sebagai karyawan yang sudah cukup sibuk dengan urusan di kantor, Anda tidak perlu repot-repot untuk memproduksi barang yang akan dijual. Anda bisa menjadi seorang reseller sebuah produk dari orang lain. Manfaatkan akun media sosial Anda untuk berjualan dan mempromosikannya kepada keluarga, teman kantor, dan tetangga.

Kendala dari bisnis online bagi seorang karyawan adalah soal respon terhadap pelanggan atau customer dan pengiriman barang. Anda tidak mungkin menjawab setiap pertanyaan dari customer setiap saat. Anda bisa mensiasatinya dengan meluangkan waktu khusus, semisaal saat coffee break atau istirahat makan siang untuk merespon pelanggan Anda. Sedangkan, untuk masalah pengiriman barang Anda bisa melakukkannya setelah pulang dari kantor dan memanfaatkan jasa ekspedisi 24 jam.

4. Pedagang Dadakan atau Musiman

pedagang dadakan atau musiman

IDN Times.com

Seorang karyawan kantoran juga bisa tetap produktif dan menghasilkan uang saat akhir pekan. Momen CFD (Car Free Day) bisa Anda manfaatkan untuk berjualan pakaian, tas, sepatu, aksesoris, makanan, atau minuman. Untuk menjadi pedagang dadakan di CFD Anda bisa menyewa tenda atau lapak yang sudah disediakan.

Namun, jika Anda mempunyai mobil pribadi, bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk memamerkan barang dagangan. Meski Anda kehilangan waktu istirahat dan waktu untuk untuk keluarga, namun pada akhirnya akan berbuah manis. Anda akan memperoleh penghasilan dari bisnis di luar pekerjaan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian, membayar tagihan, atau bahkan bisa untuk liburan dengan keluarga di akhir tahun.

5. Usaha Kuliner

usaha kuliner

marketeers.com

Buat Anda yang punya hobi memasak, bisnis kuliner ini bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menawarkan ke rekan kerja, tetangga, dan keluarga sebagai pelanggan pertama untuk bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan. Sebagai karyawan yang mempunyai rutinitas harian, mungkin Anda tidak bisa menjalankan rutinitas bisnis kuliner ini setiap hari.

Untuk itu, Anda bisa menerapkan aturan dengan hanya membuat masakan sesuai dengan pesanan dalam jumlah yang terbatas. Anda juga perlu mengatur jangka waktu pemesanan. Jika masakan Anda memang enak dan diminati, pasti akan semakin banyak orang yang memesan.

6. Jual Pulsa dan Kuota Internet

jual pulsa dan kuota internet

Distributor Pulsa Semua Operator.com

Zaman sekarang, semua orang pasti sudah mempunyai ponsel pintar yang terkoneksi dengan internet. Udah pasti kan yang namanya internet butuh pulsa atau kuota. Nah, ini bisa juga menjadi peluang usaha sampingan bagi karyawan. Bisnis pulsa atau kuota internet tidak perlu peralatan banyak.

Kamu cukup melakukan deposit pulsa ke operator untuk kamu jual lagi. Ketika pulsa atau kuota internet di jam kerja, maka sesorang akan sulit untuk mengisinya kembali. Disinilah kesempatan Anda untuk menawarkan ke rekan kerja sebagai calon konsumen. Berikan pelayanan yang cepat, tepat, dan memuaskan, maka pelanggan pulsa Anda di kantor akan mempromosikan ke orang lain. Sehingga, penghasilan Anda akan bertambah dan mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.

Itulah 6 ide usaha sampingan untuk karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari kami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tonggak perubahan kehidupan perekonomian Anda sekeluarga kedepannya. Jika, Anda suka dengan artikel ini bisa di share ke teman dekat, rekan kerja, tetangga, atau keluarga.

Leave a Reply