Pengertian Ekonomi Lengkap : Ekonomi Syariah dan Ekonimi Bisnis

Pengertian Ekonomi- Banyak sekali artikel yang membahas tentang Pengertian Ekonomi Secara Umum, Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, Pengertian Ilmu Ekonomi, Pengertian Ekonomi Bisnis, Definisi Ekonomi, dan lain sebagainya.
Namun pada kesempatan kali ini Jendelabisnis akan berbagi tentang pengertian ekonomi syariah dan ekonomi bisnis saja. Mengingat perkembangan ekonomi syariah di Indonesia semakin berkembang beserta ekonomi bisnis yang terus setiap hari berkembang pesat dikalangan anak muda.

Pengertian Ekonomi

pengertian ekonomi lengkap

Jendelabisnis.com

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari akan aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang serta jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Wikipedia 

Pada akhirnya Ekonomi berguna untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia, untuk mencari keuntungan secara materi, untuk memperoleh penghargaan/ gelar, untuk mendapatkan kekuasaan ataupun untuk hal yang bersifat sosial kemanusiaan atau saling membantu antar sesama manusia.

Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,”.

Secara garis umum atau garis besar diartikan sebagai “sistem rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam melakukan pekerjaannya.

Secara umum, subyek pada ekonomi dapat dibagi dengan beberapa metode, yang paling terkenal adalah mikro ekonomi vs makro ekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lain sebagainya.

Ekonomi juga digunakan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga. Manajemen bisnis, dan pemerintahan. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter. Seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dan sosial lainnya. Hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya ekonomi — seperti yang telah disebutkan di atas — Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia.

Banyak teori yang dipelajari dalam ilmu ekonomi diantaranya adalah teori pasar bebas, teori lingkaran ekonomi, invisble hand, informatic economy, daya tahan ekonomi nasional, merkantilisme, Bretton Woods, dan sebagainya.

Pengertian Ekonomi Syariah

pengertian ekonomi islam

Jendelabisnis.com

Ekonomi Syariah ialah suatu cabang ilmu pengetahuan. Yang berupaya untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara Syar’i (Hukum Islam). Yaitu berdasarkan atas ajaran agama Islam, yaitu Al Qur’an dan Sunnah Nabi (P3EI, 2012:17).

Ekonomi syariah memiliki dua hal pokok yang menjadi landasan hukum yaitu Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah. Hukum-hukum yang diambil dari kedua landasan pokok tersebut secara konsep dan prinsip adalah tetap. (tidak dapat berubah kapanpun dan dimana saja).

Tujuan Ekonomi Syariah searah dengan tujuan dari syariat Islam itu sendiri (maqashid asy syari’ah). yaitu mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat (falah) melalui suatu tata kehidupan yang benar, baik dan terhormat (hayyah thayyibah).

Tujuan dari falah yang ingin dicapai oleh Ekonomi Syariah meliputi aspek mikro ataupun makro, mencakup horizon waktu dunia atau pun aspek akhirat (P3EI, 2012:54).

Pengertian Ekonomi Bisnis

pengertian ekonomi BISNIS menurut para ahli

Jendelabisnis.com

Ekonomi Bisnis – Kata Bisnis berasal dari bhs Inggris “Business” yang berarti “sibuk”. Maksud dari arti sibuk ialah sibuk dengan melakukan kegiatan atau suatu pekerjaan untuk mendatangkan laba atau keuntungan. Didalam dunia ekonomi, pengertian bisnis adalah usaha untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk memperoleh laba ataupun keuntungan.

Sedangkan pengertian Ekonomi bisnis ada juga yang mengartikan sebagai berikut. “Suatu aktifitas produksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari dan memasarkannya kepada publik atau konsumen untuk memperoleh sebuah keuntungan.”

Leave a Reply