Cara Membuat Seblak Mie dan Kuah Untuk Bisnis Kuliner

Cara membuat Seblak – Ngomongin bisnis kuliner sekarang ini kaya nggak ada habisnya. Selalu aja ada inovasi baru dari penjual yang bikin para pecinta kuliner penasaran untuk mencoba makanannya. Kalau ada satu jenis kuliner makanan atau minuman yang naik daun, langsung deh bakalan menjamur di tempat mana-mana. Tren kuliner semakin hari juga silih berganti seiring waktu. Jika dahulu jajanan berupa pisang molen mulai merebak di tahun 90an, kemudian cilok dan takoyaki di tahun 2000an, maka sekarang giliran seblak yang naik daun.

Udah pada tahu belum sih sebenernya seblak ini makanan seperti apa? Jadi Seblak ini terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan bumbu dan berbagai bahan atau campuran lain. Campuran tersebut mencakup telur, sayuran, daging dan lain sebagainya. Seblak adalah makanan yang berasal dari Bandung. Tekstur makanan ini kenyal dengan rasa yang pedas dan segar untuk memanjakan lidah kalian.

cara Membuat Seblak gampang

Cara Membuat Seblak

Kini pedagang seblak semakin merebak, baik yang berkeliling maupun dengan membuka warung di rumah. Nah, kalian yang jago masak dan pengen mencoba bisnis kuliner bisa merintis usaha rumahan yang menjanjikan dengan berjualan seblak. Supaya bisa bersaing dengan pedagang seblak lainnya, coba berikan sentuhan unik berupa rasa yang khas pada seblak yang kalian akan jual. Nah kali ini jendelabisnis akan memberikan beberpa Cara membuat seblak untuk bisnis kuliner. Yuk simak sampai selesai.

Cara Membuat Seblak

 

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membuat seblak untuk 2 jenis seblak saja yaitu 1. cara membuat seblak mie, dan 2. cara membuat seblak kuah .

Cara Membuat Seblak Mie

cara buat Seblak mie

Seblak Mie

Bahan seblak mie :

  1. Mie instan 2 bungkus
  2. Telur ayam 1 buah
  3. Sawi hijau 1 ikat
  4. Cabe merah 2 buah
  5. Daun bawang 1 batang
  6. Cabe rawit 5 buah
  7. Bawang merah 2 siung
  8. Bawang putih 2 siung
  9. Sosis 2 buah
  10. Garam sdt
  11. Merica sdt

Cara membuat seblak mie :

  1. Masak mie instan yang sudah dipersiapkan hingga matang lalu tiriskan dan campur dengan bumbu mie instan.
  2. Iris halus bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabe merah, dan cabe rawit.
  3. Tumis bahan-bahan di atas hingga aroma sedap tercium
  4. Masukkan telur dan sosis, orak-arik bersama bumbu.
  5. Masukkan mie lalu aduk hingga rata.
  6. Tambahan gelas air matang
  7. Tambahkan sawi hijau yang telah diiris-iris.
  8. Angkat dan pindahkan mie tersebut ke piring saji atau mangkuk kalian.
  9. Anda juga bisa menambahkan ceker, tulang, dan kwetiau sebagai toping tambahan agar seblak mie instan Anda semakin istimewa.

Cara Membuat Seblak Kuah

cara buat Seblak kuah

Seblak Kuah

Bahan seblak kuah

  1. 100 gram kerupuk merah mentah
  2. 5 buah bakso sapi, iris
  3. 2 buah sosis sapi, iris
  4. 1 butir telur
  5. 100 gram sawi putih, iris
  6. Kecap Manis Pedas
  7. Garam
  8. Air
  9. Minyak sayur
  10. 1 siung bawang putih
  11. 5 buah bawang merah
  12. 8 buah cabai rawit merah
  13. 1 cm kencur
  14. Bawang merah goreng
  15. Daun bawang, iris

Cara membuat Seblak kuah

  1. Cuci bersih kerupuk. Rebus air hingga mendidih, kemudian rendam kerupuk kurang lebih 15 menit.
  2. Panaskan minyak dan wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan telur, bakso, sosis dan sawi putih. Aduk hingga sayuran sedikit layu.
  3. Masukan kerupuk yang sudah direndam dengan air, tambahkan garam dan gula secukupnya.
  4. Tambahkan air secukupnya kemudian beri Kecap Manis Pedas Gurih. Masak hingga air mengental.
  5. Sajikan dengan ditaburi daun bawang dan bawang merah goreng.

Tuh mudah kan cara membuat seblaknya? Sekarang kalian bisa traktir geng kalian makan di rumah dengan bermangkuk-mangkuk seblak untuk promosi. Murah meriah dan pasti teman kalian akan nagih untuk ngrasain seblak!

Akhirnya…

Dalam membuka usaha kuliner tentu diperlukan tips bisnis usaha, termasuk usaha kuliner seblak. Seblak pada umumnya adalah berasa pedas, kalian bisa berusaha untuk menarik pelanggan dengan menciptakan varian-varian baru yang belum ada di pasaran saat ini, sehingga membuat orang bertanya-tanya tentang bagaimana rasanya.

Untuk pemasaran, kalian bisa memanfaatkan jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram dan sossial media lainnya. Jejaring sosial kalian manfaatkan sebagai etalase foto produk seblak yang kalian buat, dan jangan lupa juga untuk menentukan ongkos kirim/free ongkir jika melayani pemesanan dan kirim-kirim via online.

Semoga ulasan seblak untuk usaha kuliner beserta cara membuat seblak kuah dan cara membuat seblak mie yang sudah kami ulas diatas bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply