5 Tips Kiat Memulai Bisnis Sambil Kuliah

tips bisnis untuk mahasiswa

Smarttekhno.com

BISNIS SAMBIL KULIAH – Bagi kalian terkhusus mahasiswa yang sedang asik-asiknya menikmati masa perkuliahan, menikmati masa pertemanan dengan orang baru, bahkan yang sedang disibukkan dengan jadwal perkuliahan yang semakin padat. Pasti pernah dong merasakan yang namanya capek, lelah, bahkan sampai suntuk. Apalagi mikirin masalah bayar kosan, hehe.

Tugas kuliah yang semakin berjibun datang mengharuskan kalian mengeluarkan uang untuk ngeprint atau fotocopy tugas, dan sebagainya sampai-sampai kalian harus merelakan uang jajan sehari-hari demi menuntaskan tugas kuliah.

Meskipun jauh dari orangtua, paling tidak kalian pasti merasakan yang namanya perasaan tidak enak kepada orangtua apalagi perihal masalah uang. Kalian pasti ingin yang namanya bisa menghasilkan uang sendiri, meskipun masih kuliah. Keinginan untuk membuka usaha sendiri atau bekerja sambil kuliah pasti terbesit dibenak kalian. Ya, walaupun bekerja sambil kuliah itu susah-susah gampang. Pasti ada yang harus dikorbankan, misalnya waktu main kalian dengan teman-teman mungkin akan tersita, atau bisa-bisa kuliah keteteran saking asiknya menggeluti dunia usaha.

Tapi tenang, jangan takut atau pesimis untuk memulai usaha sambil kuliah. Jika kalian sungguh-sungguh dan berusaha seyakin mungkin, maka semua akan berjalan dengan imbang. Berikut mimin akan memberikan beberapa tips nih untuk kalian yang ingin ngejalanin usaha sambil kuliah. Yuk, simak di bawah in:

Tips Kiat Memulai Bisnis Sambil Kuliah

1. Niat Tanamkan Jiwa Bisnis

niat tanamkan jiwa bisnis

Siapabisnis.com

Tanamkan niat terlebih dahulu terhadap diri sendiri, karena itu merupakan kunci utama kalian untuk memulai usaha yang akan Anda geluti. Meskipun sebagai mahasiswa jangan pernah merasa minder atau takut untuk memulainya. Kalian bisa mempelajari dunia usaha dan mengasah skill melalui bacaan buku atau majalah tentang dunia bisnis, melalui internet pun juga bisa. Atau, jika kalian mempunyai teman atau saudara yang mempunyai ahli di bidang dunia bisnis kalian bisa berdiskusi dengan mereka pasti akan sangat membantu sekali. Mengikuti seminar tentang kewirausahaan juga bisa banget kalian lakuin, jadi cari sebnayak mungkin informasi-informasi tentang seminar kewirausahaan. Usaha kecil-kecilan juga bisa dilakuin, semisal jual snack ringan atau jajanan pasar di lingkungan kampus. Mulai pede menawarkan ke teman-teman kalian. Hal ini bisa melatih kalian untuk menanamkan jiwa bisnis di diri kalian.

2. Konsiten

bisnis sambil kuliah

Laci Abdul Jalil – WordPress.com

BISNIS SAMBIL KULIAH merupakan kegiatan yang sama-sama penting untuk masa depan kita, kita harus bisa menjaga kekonsistenan dalam menjalaninya. Kita harus bisa imbang dalam menjalani keduanya. Karena ilmu yang kita dapatkan di dunia perkuliahan menjadi bekal untuk kita yang sangat bermanfaat dalam menghadapi persaingan di masa depan yang terus berkembang. Lalu, dengan dunia kewirausahaan yang kita geluti sedari dini akan memberikan kita pengalaman yang sangat luar biasa dan berharga, mengingat menjalankan sebuah usaha butuh waktu yang lama dan pengalaman yang cukup untuk meraih kesuksesan.

Jadi, kalian juga harus bisa membagi waktu sebaik-baiknya antara kuliah dan berbisnis. Pisahkan waktu untuk fokus belajar dan waktu luang untuk merintis usahamu. Kalisan bisa optimalkan waktu pagi sampai sore untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Sedangkan, malam hari atau pas libur bisa di optimalkan untuk berwirausaha dan menciptakan ide-ide kreatif lainnya agar dapat mengembangkan usaha yang sedang kamu rintis. Jadi, jangan berat sebelah ya gaess.

3. Pilih Peluang Bisnis Sesuai Dengan Modal

peluang bisnis sesuai dengan modal

designwebsitesemarang.com

Ketika mental kalian sudah terbangun, kalian bisa menjalankah langkah berikutnya yakni memilih peluang bisnis yangs sesuai dengan modal. Jangan pernah memaksakan diri untuk langsung mengeluarkan modal yang tinggi. Sesuaikan saja dengan kemampuan Anda. Modal yang dimaksudkan disini tentu saja tidak hanya berupa materi saja, namun juga meliputi modal passion (hobi), modal skill, dan lain sebagainya. Contohnya saja kalian bisa menjadi reseller sebuah produk pakaian, hijab, atau aksesoris yang bisa kalian promosikan lewat sosial media yang dimiliki. Kalian hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet saja untuk menjalankannya. Bisa juga dengan berjualan pulsa berjalan, dengan kalian mempromosikan kepada teman-teman, kerabat, atau saudara Anda. Serta masih banyak lagi peluang bisnis yang bisa Anda jalankan yang memberikan keuntungan cukup besar.

4. Aktif Mempromosikan Di Lingkungan Sekitar

aktif promosi di lingkungan sekitar

loker2018.com

Untuk mendukung perkembangan usaha yang sedang kamu jalani, kamu harus rajin-rajin dan giat mempromosikan produk bisnis ke orang-orang di sekitar kalian. Manfaatkan saja dunia sosial media kalian untuk media promosi, bisa melalui Instagram, Facebook, Twitter, Blog, dan lain sebagainya. Kalian foto produk kalian sebagus dan seunik mungkin, serta bumbui dengan caption yang semenarik mungkin. Sehingga para konsumen pun akan dengan mudah terpikat dan berminat untuk membeli produk kalian. Sering-sering juga untuk selalu berkomunikasi secara langsung dengan teman kulaih, teman kos, kerabat, bahkan sampai ke dosen-dosen dengan menyelipkan obrolan tentang bisnis yang yang sedang kalian jalankan. Jika, kamu aktif dijamin akan laku keras deh.

5. Action Sekarang

action sekarang

Hitsss.com

Setelah semua persiapan dan kemampuan yang kamu kuasai sudah matang, maka tidak ada alasan lagi untuk Anda menunda-nunda niatan menjalankan usaha bisnis. Segera saja aplikasikan rencana-rencana yang sudah Anda rancang dengan sebaik mungkin.

Jangan ada ragu lagi dalam diri, realisasikan lah untuk mendapatkan penghasilan didalam usaha baru yang akan kamu jalankan. So, semangat berjuang gaess.

Semoga informasi tips motivasi bisnis yang kami sampaikan ini bisa memberikan suntikan atau tambahan semangat bagi para pembaca, dan menginspirasi seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia untuk segera mulai berkarya menciptakan peluang kerja sebanyak-banyaknya. Jika kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman atau kerabat kalian.

One Response

Leave a Reply