Tips Memulai Blog Bagi Pemula

Memulai blog dari awal tentunya bukan perkara yang mudah. Mungkin dalam benak mereka yang masih awam memulai blog hanyalah memposting artikel dan mendapat uang. Namun bagi mereka yang sudah menjalaninya tentu akan memiliki asumsi yang bertolak belakang.

Tips Memulai Blog Bagi Pemula


Tips Sebelum Memulai Membuat Blog

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memulai membuat blog. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Bulatkan Niat
Niat awal untuk membuat dan mengolah blog harus benar-benar bulat. Hal ini karena jika setengah-setengah 100% anda akan gagal. Mengingat tidak hanya anda yang memanfaatkan blog tetapi seluruh manusia di bumi ini.

2. Tentukan Niche
Niche atau tema bahasan yang akan dibahas dalam blog kita harus ditentukan sejak awal. Mengubah isi blog pada pertengahan akan merugikan bagi anda. Berganti-ganti pokok bahasan juga tidak sehat bagi blog anda. Mungkin anda berpikir membuat blog dengan banyak niche akan membawa anda pada jalan aman. Namun cara tersebut justru lebih merugikan. Blog yang berfokus pada 1 topik bahasan lebih baik daripada blog dengan berbagai topik.

Lalu bagaimana menentukan topik bahasan yang benar? Beberapa mereka yang masih awam akan mencari niche-niche yang memiliki popularitas dan bayaran tinggi seperti asuransi, kesehatan, teknologi, dan lainnya. Namun cara tersebut justru kesalahan yang fatal. Pasalnya anda akan kehabisan ide jika tidak menguasai bidang tersebut. Selain itu niche dengan popularitas tinggi tentunya akan mendapati persaingan yang tinggi juga terutama dengan mereka yang sudah awal memulai.

Satu-satunya cara menentukan niche blog anda yaitu hal yang merupakan passion anda, hal yang anda kuasai, sukai, dan merupakan kesenangan bagi anda. Hal ini akan membuat anda tidak jenuh dalam menulis dan tentunya akan mudah untuk berkreasi bagi anda.

3. Ubah Mindset Mengenai Menghasilkan Uang
Biasanya hal yang mendorong mereka untuk memulai blog yaitu orang-orang yang sukses dalam dunia blogging. Sukses disini dalam artian berhasil meraup jutaan uang dari menulis. Hal ini tidak sepenuhnya salah, akantetapi jika mindset anda sudah terpaku pada uang sudah dipastikan anda akan berhenti ditengah jalan. Jangan pernah berpikir menulis untuk mencari uang namun cobalah mengubah mindset anda menulis untuk berbagi hal yang bermanfaat. 

4. Tentukan Nama Blog Yang Sesuai
Salah satu yang tidak boleh diremehkan yaitu nama blog. Nama blog merupakan sesuatu yang penting karena ini yang akan mencerminkan blog anda, sesuatu yang akan diingat dan dikenal oleh publik, serta sesuatu yang mewakili keseluruhan blog. Sebaiknya nama blog menggunakan nama yang berkaitan dengan niche yang anda pilih. Sebagai contoh nama blog ini yaitu Jendela Bisnis dimana memiliki cakupan mengenai dunia bisnis.

5. Memilih Platform & Memiliki Domain TLD
Platform memulai blog terdapat banyak sekali, dua diantaranya yang paling populer yaitu Blogger yang dikembangkan Google dan WordPress. Bagi pemula sebaiknya memulai dengan platform Blogger karena lebih mudah dan didukung oleh Google tentunya. Mengingat juga banyak produksi Google yang mendukung dunia blogging mulai dari mesin pencari Google, Google Adsenses, Google Analytics, Google AdWords, Google Webmaster, dan masih banyak lagi.

Untuk alamat domain sendiri sebaiknya juga memiliki yang sudah Top Level Domain (TLD) sejak awal. Hal ini akan memberikan banyak keuntungan bagi kita pasalnya Domain Autority (DA) atau autoritas domain juga dipengaruhi usia domain. Selain itu domain-domain TLD juga lebih mudah mendapat posisi dan dipandang tinggi oleh Advertiser seperti Google Adsense. Sebaiknya memulai dengan domain yang profesional seperti .com, .id, dan TLD lainnya.

Tips Setelah Membuat Blog

1. Blog Merupakan Hobi Anda
Setelah berhasil mengubah mindset anda dari menghasilkan uang menjadi berbagi hal yang bermanfaat, setelah memulai juga harus menanamkan mindset yang lain yaitu blog sebagai hobi anda. Dengan menganggap blog sebagai hobi anda, maka menulis akan menjadi hal yang menyenangkan juga.

2. Bergabung Dengan Komunitas Blogger
Memulai sendiri dunia blogging tanpa seorang mentor atau belajar secara otodidak tentunya bukan perkara mudah. Oleh karena itu sebaiknya anda bergabung dengan komunitas-komunitas blogger diberbagai media sosial seperti group-group facebook, dan sebagainya. Tujuannya yaitu untuk menyerap ilmu-ilmu yang dishare disana, mencari teman blogger lain, dan mengenalkan blog kita dengan blogwalking (bw) atau saling berkunjung.

3. Rutin Menulis Artikel
Hal yang begitu penting yaitu sebaiknya anda juga rutin menulis. Hal ini untuk menghindari penurunan peringkat karena blog anda dianggap sepi dan jarang update. Selain itu pembaca mungkin akan tertarik dengan artikel-artikel anda dan juga akan menjadi pembaca setia. Tentunya mereka akan berpindah haluan jika blog jarang update artikel. 

Lalu kapan kita harus menulis? Apakah setiap hari? Jawaban yang tepat yaitu saat anda berada pada waktu yang luang dan dengan mood yang baik juga. Hal ini dimaksudkan agar artikel yang anda tulis menarik karena kondisi mood dan tubuh yang sedang baik juga.

4. Sharing dan Blogwalking
Membagikan setiap anda update artikel juga merupakan hal yang positif untuk blog anda. Tujuannya agar lebih dikenal oleh khalayak publik. Namun sebainya jangan keseringan berbagi karena dapat dianggap spamming oleh Google maupun platform yang digunakan untuk berbagi. Cara untuk mesiasatinya yaitu dengan menggunakan Shortlink atau Safelink, membagikan judul artikelnya aja, dan strategi marketting lainnya.

Lalu untuk istilah blogwalking sendiri merupakan hal yang wajib bagi blog yang masih baru. Selain dengan berbagi dengan blogger lain dalam komunitas, anda juga dapat membuat group sendiri dengan skala yang kecil. Tujuannya yaitu saling bertukar alamat blog untuk saling dikunjungi. Hal ini akan mendongkrak blog semakin keatas juga.

5. Mulai Mengenal SEO
Hal yang harus dimulai setelah membuat blog sekaligus hal yang paling penting yaitu SEO. Optimasi blog anda merupakan hal yang penting mengingat tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan ranking blog pada mesin pencari. SEO sendiri memiliki cakupan yang begitu luas oleh karena itu sebaiknya anda memulai dari awal. 

Optimasi blog mulai dari tampilan blog, kecepatan blog, kemudian submit ke webmaster, hingga belajar membuat konten dan artikel yang baik dan benar. Setelah blog sukses dan banyak dikenal baru mulai membaca mengenai memonetize blog anda.

Leave a Reply