Mengenal Blog Sebagai Investasi Jangka Panjang Bagi Publik

Mungkin judul artikel ini terlalu panjang dan klise. Namun dibalik judul artikel tersebut terdapat makna dan maksud yang sangat penting bagi kita semua terutama pengguna internet. Mengingat ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu pesat tentunya sangat disayangkan jika kita sebagai masyarakat publik belum mengenal istilah ‘Blog’ yang merupakan investasi bagi kita semua. 

Mengenal Blog Sebagai Investasi Jangka Panjang Bagi Publik


Pengertian dan Sejarah Blog

Blog merupakan singkatan dari web log yaitu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com milik Pyra Labs yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2002. Sejak saat itu blog mengalami perkembangan yang begitu pesat hingga sekarang. 

Jenis-Jenis Blog dan Fungsi Blog

Blog memiliki beragam jenis sesuai fungsi dan tema/niche/hal yang dibahas dalam blog tersebut. Namun tidak selamanya blog membahas 1 pokok bahasan saja. Hal ini karena kebebasan publik untuk mengekspresikan diri melalui blog itu sendiri. Jenis-jenis blog dan fungsinya diantaranya :

1. Blog politik : Membahas mengenai politik, kampanye, aktivis, dan berita-berita yang berkaitan dengan politik.
2. Blog pribadi : Blog yang dimanfaatkan sebagai buku harian seseorang. Dapat berisi pengalaman keseharian, keluhan, curhatan, dan lainnya tergantung penulis.
3. Blog kesehatan : Blog yang membahas segala sesuatu mengenai kesehatan.
4. Blog sastra : Blog yang berisi sastra atau literatur. Biasanya disebut dengan literaty blog (litblog).
5. Blog perjalanan : Blog yang berisikan tentang perjalanan penulis (travelling).
6. Blog riset : Blog yang membahas mengenai penelitian, riset, dan semua yang berkaitan dengan penelitian-penelitian.
7. Blog agama : Blog yang berisikan agama atau blog yang dimanfaatkan sebagai media berdakwah.
8. Blog pendidikan : Blog yang membahas mengenai pendidikan.
9. Blog hukum : Blog yang membahas mengenai hukum. Biasanya disebut dengan Blawgs (Blog Laws).
10. Blog bisnis : Blog yang dimanfaatkan sebagai media bisnis maupun blog yang membahas tentang dunia enterpreneur.

Selain jenis-jenis yang disebutkan, masih banyak lagi jenis-jenis blog yang dapat dijumpai didunia internet seperti blog yang membahas berbagai niche atau akrab disebut blog gado-gado, blog game, blog teknologi, dan masih banyak lagi.

Blog Sebagai Investasi Jangka Panjang

Membahas mengenai investasi mungkin yang berada dibenak kita adalah kekayaan/aset yang berharga seperti emas, tanah, dan barang-barang yang bernilai tinggi lainnya. Namun jangan salah, blog juga merupakan aset yang berharga juga. Mengapa dapat dikatakan demikian? Blog dapat dikatakan investasi jangka panjang karena blog dapat dimanfaatkan sebagai media binis dan menghasilkan uang. Selain itu blog juga dapat dimanfaatkan sebagai media menuangkan pikiran-pikiran penulis, media ekspresi diri, dan media menyalurkan berbagai hal keseluruh publik.

Memulai blog sejak dini juga merupakan hal yang sangat positif jika dilihat dari berbagai aspek. Selain sebagai media belajar, membaca, menulis, nama blog dan alamat blog yang sudah berumur juga merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan bagi pemilik blog. Hal ini karena Google sendiri memperhitungkan usia blog dengan memberikan autoritas yang lebih tinggi kepada blog yang sudah berusia tinggi.

Baca Juga Tips Memulai Blog Bagi Pemula

Autoritas dari Google bukan hal yang dapat disepelekan, pasalnya Google sendiri mmeberikan peluang bagi semua pemilik blog untuk mendapatkan uang melalui fitur blog yang dikenal dengan Google Adsense. Pemilik blog dapat menyewakan blog mereka sebagai media untuk mengiklankan sesuatu seperti produk atau jasa suatu perusahaan yang ditampung oleh Google Adsense. Singkatnya pemilik blog sebagai Publisher atau penayang iklan yang dibayar oleh pengiklan melalui Advertiser yaitu Google Adsense. 

Namun untuk melakukan kontrak kerjasama dengan Google Adsense sendiri bukan perkara yang mudah. Bahkan blogger-blogger yang sudah tinggi ilmunya terkadang tersendat oleh Google Adsense. Hal ini karena persyaratan yang begitu ketat yang diterapkan oleh Google sendiri. Misalnya isi konten yang tidak boleh berisi perjudian, pornografi, spam, dan ilegal konten lainnya. Itu hanya sebatas contoh saja, karena masih banyak syarat dan ketentuan untuk memulai kontrak kerja dengan Google.

Strategi dan Alternatif Lain 

Mudahnya memulai blog tentu saja membuat media ini begitu populer dan membludak penggunanya. Tentu saja persaingan dengan pengguna lain akan tercipta. Disisi lain syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Google yang begitu ketat, seorang blogger harus berhadapan dengan blogger lain yang tidak selamanya bersih. 

Lalu bagaimana cara kita menjalankan dunia blog sementara kita masih awam? Banyak hal yang harus dilakukan untuk pemula yang ingin menjadikan blognya sebagai investasi jangka panjang. Beberapa diantaranya yaitu mengenal istilah SEO dan mempelajari algoritma-algoritma mesin pencari yang berubah-ubah seiring waktu. SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimizing merupakan optimasi mesin pencari yang bertujuan meningkatkan kualitas blog agar mendapat autoritas dan peringkat yang tinggi pada mesin pencari.

SEO dapat dikatakan ilmu, strategi, maupun cara agar blog kita lebih dikenal luas oleh publik. SEO sendiri juga memiliki berbagai jenis dan banyak bahasan didalamnya mengikuti perkembangan algoritma. Sementara mesin pencari sendiri juga banyak macamnya dan tidak hanya Google saja. Sebagai contoh mesin pencari seperti Bing, Yahoo, tentunya juga memiliki algoritma sendiri. Algoritma-algoritma terus berkembang, SEO terus berkembang, oleh karenanya blogger juga harus terus berkembang. Hal ini yang membuat blog dikatakan investasi jangka panjang juga. Blog terus berjalan kedepan secara fleksibel.

Semakin kesini tidak hanya Google yang menyediakan fitur bagi pemilik blog yang ingin menghasilkan uang melalui blog mereka. Banyak perusahaan-perusahaan yang mulai ikut andil dalam dunia blogging dan advertising. Oleh karena itu terdapat banyak alternatif selain Google Adsense bagi mereka yang ingin mendapat uang dari blog. Sebagai contoh yaitu A-Ads, PopAds, PopCash, Safelinku, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sebaiknya anda memulainya saat ini juga karena orang yang cerdas ialaha mereka yang mampu memanfaatkan waktu dengan bijak.

Baca Juga Memonetize Blog Dengan A-Ads
  

2 Comments

  1. Hartono Lapan S July 11, 2018
  2. denpono July 12, 2018

Leave a Reply