Kesalan-Kesalahan Fatal Pemula Dalam Dunia Bisnis yang Perlu Kalian Hindari

Kesalahan Fatal Pemula Dalam Dunia Bisnis – Banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dilakukan seorang pemula yang ingin memasuki dunia bisnis. 5 poin berikut ini merupajan hal-hal yang harus dihindari untuk meminimalisir kegagalan dan meraih kesuksesan dalam memulai terjun ke dunia bisnis.

kesalahan dalam dunia bisnis

JendelaBisnis

Kesalan-Kesalahan Fatal Pemula Dalam Dunia Bisnis yang Perlu Kalian Hindari

1. Asal-Asalan

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh seorang yang ingin memasuki dunia bisnis yaitu asal-asalan. Hal ini sering terjadi karena mereka teimin-imin oleh orang lain yang mempublikasikan kesuksesan mereka. Seorang pemula akan terdongkrak untuk mencoba dan termotivator namun sayangnya hanya berpaku pada hasil yang sudah diraih oleh orang lain, bukan menoleh kepada dirinya sendiri.

“Give me six hours to chop down a tree and I will spend the first four sharpening the axe”  
Abraham Lincoln
 

Kata-kata tersebut merupakan sebuah ucapan dari salah satu tokoh dunia, Abraham Lincoln. Beri aku 6 jam untuk menebang pohon, maka akan kugunakan 4 jam untuk mempertajam kapaknya. Maksudnya sebelum melakukan sesuatu lebih baik dengan persiapan yang matang. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko kedepannya. Hal ini yang wajib diterpakan jika ingin memasuki dunia enterpreneur.

Lalu apa saja persiapan yang harus dimiliki seorang pemula? Banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan salah satunya yaitu ilmu pengetahuan. Ada sebuah kutipan yang mengatakan “Business isn’t emotional sport, it is intelectual sport”.

Seorang dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi akan lebih mudah memasuki enterpreneurship. Oleh karena itu seorang mentor sangatlah penting sebelum memasuki bisnis. Seorang mentor sendiri juga bermacam jenisnya, mulai dari buku, internet, tokoh-tokoh yang sudah sukses, bahkan pengalaman kita sendiri dapat kita jadikan seorang mentor. Namun kembali kepada ilmu pengetahuan dan ketrampilan, tentunya belajar kepada seorang yang berpengalaman akan lebih mudah bagi kita yang masih pemula.

Diluar statement sebelumnya, pengetahuan juga bukan segalanya, hal yang perlu diingat yaitu menerapkan apa yang kita ketahui. Bagi pemula yang ingin mengambil jalan bisnis, sebaiknya mempersiapkan hal-hal di atas, karena seorang risk taker lebih menguntungkan daripada seorang yang hanya bermodal gambling atau asal-asalan.

2. Plagiatisme

Maksud dari poin kedunia ini yaitu mengikuti mereka yang sudah berhasil. Mengikuti disini dalam artian sekedar ikut-kutan saja. Hal ini tentunya salah dan tidak boleh dilakukan karena jalan mereka sudah berbeda dengan kita yang masih pemula.

Kesalahan Fatal Pemula Dalam Dunia Bisnis

Plagiarisme lengkap Via Jogokata.com

Boleh saja meniru apa yang mereka lakukan, namun alangkah baiknya kembali melihat resikonya. Sebagai contoh mereka yang sudah profesional menjinakkan buaya akan mudah melakukannya. Namun akan sangat berbahaya jika kita meniru tanpa ketrampilan yang sama mengingat kita masih seorang pemula. Hal yang perlu diingat juga, enterpreneurship bukanlah hal yang boleh disepelekan karena membutuhkan pondasi mental yang kuat juga. 

3. Mudah Percaya

“Bisnis itu jika tidak ditipu ya menipu” Statement ini memang ada benarnya meskipun tidak sepenuhnya. Dunia bisnis memang begitu kejam karena diisi oleh mereka yang menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Sangat disayangkan apabila pemula yang terkena imbasnya. Namun dari sekian banyak yang menjadi korban memang mereka yang masih awam.

Kesalahan fatal ini sering dilakukan oleh seorang pemula karena pikiran mereka belum matang dalam dunia bisnis. Mindset mereka hanya berfokus kepada apa yang dipamerkan orang lain, tanpa melihat dibalik wajah mereka. Hal yang perlu diingat yaitu sukses tidak pernah ada yang instan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pemula mencari seorang mentor yang benar-benar terpercaya atau pilihan terakhir menjadi seorang solo player.

4. Sukses Instan

Pada poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa tidak ada sukses yang instan. Hal yang selalu diinginkan bagi semua pemula yaitu manis diakhir ceritanya saja. Namun beriring waktu justru pemikiran ini hanya akan membunuh kita. Pasalnya semua membutuhkan usaha dan hasil akhir merupakan apa yang sudah kita usahakan.

Jika dari awal sudah terpaku ingin cepat-cepat berhasil, sebaiknya jangan memasuki dunia bisnis. Hal ini justru akan membuat kira stress, depresi, dan putus asa kemudian berhenti dan gagal. Seorang pemula yang ingin berhasil tidak boleh terburu-buru, harus konsisten dan sabar, serta mengerti proses dalam berbisnis. Jika sudah paham langkah dan prosesnya maka kegagalan dapat diminimalisir.

5. Banyak Tingkah & Banyak Gaya

Kesalah berikutnya yaitu kebanyakan bertingkah padahal masih awam dan baru saja mendapat profit. Hal ini lumrah ditemui namun sebenarnya berdampak buruk bagi pemula.

Mengingat tidak hanya seorang saja yang menekuni dunia bisnis dan bermacam tipe-tipe pebisnis, tidak menutup kemungkinan pemula yang banyak tingkah dan gaya justru akan mendapat respon negatif dari orang lain.

Tidak ada salahnya kita sedikit bergaya, namun alangkah baiknya jika tetap hidup sederhana. Mengingat satu kesalahan yang fatal yaitu kesombongan yang merupakan awal dari kehancuran.

Masih banyak kesalahan-kesalahan fatal yang berujung pada kegagalan, namun semua kembali kepada diri masing-masing. Hal yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan segalanya dengan matang, mulai dari mental, pengetahuan dan ketrampilan, seorang mentor, hingga modal finansial.

Baca juga Tips Memulai Bisnis Online Dari Awal

Leave a Reply