Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Hal ini karena perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju dan mudahnya dalam mengakses internet. Mungkin banyak diantara kita yang tidak percaya bahwa Bisnis Online dapat menghasilkan banyak keuntungan, namun siapa sangka justru kebanyakan orang sukses berasal dari usaha ini.

Baca juga Lapangan Pekerjaan Terbesar dengan Peluang Terbesar Juga

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online


Bisnis Online merupakan segala aktifitas usaha untuk memperoleh keuntungan ekonomi yang dilakukan secara online, seperti menjual produk melalui internet, membuka jasa seo, bisnis affiliasi, trading, dan sebagainya. Bisnis Online memiliki banyak keuntungan dibanding bisnis konvensional mulai dari masalah waktu, modal, hingga jangkauan pemasaran. Namun tentunya ada juga kekurangannya seperti penipuan, scamming, dan cybercrime lainnya.

Baca juga Keuntungan Bisnis Online Dibandingkan Bisnis Konvensional

Macam-Macam Bisnis Online

Terdapat banyak sekali cara yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan melalui internet, namun diantaranya dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu :

1. Online to Online
Bisnis Online to Online yaitu usaha yang dilakukan dimana client maupun penyedia jasa dalam keadaan online. Misalnya seseorang yang membuka jasa mengajar melalui media online. Dalam hal ini kedua pihak baik client maupun penyedia jasa berada dalam posisi online.

2. Online to Offline
Bisnis Online to Offline yaitu usaha yang dilakukan dimana penyedia jasa dituntut untuk online sedangkan client tidak perlu. Misalnya seorang content-writer atau seorang yang menyediakan jasa menulis artikel. Dalam hal ini hanya penyedia jasa yang berada dalam posisi online, sedangkan client menunggu hasilnya. Contoh lain yaitu penyedia jasa optimasi, penyedia jasa pembuatan blog/website, penyedia jasa pembuatan banner/logo, dan masih banyak lagi.

3. Offline to Online
Bisnis Offline to Online yaitu usaha yang dilakukan dimana penyedia jasa tidak dituntut dalam posisi online sedangkan client yang harus online. Misalnya toko online atau biasa dipanggil olshop, dimana pemilik produk tidak perlu selalu online sedangkan pembeli atau client harus online untuk mendapatkan apa yang dicarinya.

Baca juga Tips Memulai Bisnis Online Dari Awal

Pelaku Bisnis Online

Terdapat banyak sekali pelaku bisnis online, mulai dari pribadi, komunitas, hingga lembaga-lembaga besar seperti bank, koperasi, perusahaan, dan sebagainya. Pelaku-pelaku tersebut dikategorikan kedalam 4 bagian, yaitu :

1. Owner
Owner merupakan pemilik atau pendiri dari bisnis tersebut. Biasanya pelaku ini yang paling besar mengeluarkan modal karena dia sebagai perintis sekaligus pemilik dari usahanya.

2. Marketer
Marketer merupakan pelaku yang bekerja dalam marketting atau pemasaran. Pelaku ini tidak harus mengeluarkan modal yang besar namun dibutuhkan soft-skill tertentu karena perannya yang begitu penting.

3. Advertiser
Advertiser merupakan pelaku yang menghubungkan antara Owner dengan Publisher dimana mereka menerima permintaan dari Owner dan menyalurkan ke Publisher. Dapat diartikan sebagai distributor antara produsen dengan konsumen.

4. Publisher
Publisher merupakan pelaku yang mempublish atau menayangkan iklan/advertisement dari Advertiser. Biasanya job ini yang dipilih bagi mereka yang masih awal mengenal bisnis online karena paling mudah dan tidak memerlukan modal besar.

Baca juga Apakah Bisnis Online Akan Berkembang di Indonesia?

Leave a Reply